Minggu, 25 September 2016

CARA MENAMBAH BERAT BADAN SECARA ALAMI, MUDAH DAN SEHAT

Banyak orang yang menginginkan berat badan yang ideal dan banyak juga yang ingin mendapatkannya dengan cara yang praktis seperti mengkonsumsi obat penambah berat badan dan lain sebagainya. Bukanlah suatu masalah jika mengonsumsi obat penambah berat badan akan tetapi efek jangka panjang yang dapat diterima akibat mengkonsumsi obat tersebut bisa sangat fatal. Banyak orang mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi dengan tujuan agar badan cepat gemuk, padahal metode semacam ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh.





Maka dari itu Cara Sehat Mama memberikan beberapa tips/cara bagaimana menambah berat badan :

1. Porsi Makan Harus Lebih dan Sering Ngemil
Bagi orang yang memiliki badan kurus, mereka cenderung lebih cepat merasa kenyang walau hanya makan dalam porsi yang sedikit. Kondisi ini membuat lambung mereka kosong dalam waktu yang lama tanpa makanan. Sehingga tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang pas.

2. Banyak Mengonsumsi Buah dan Jus 
Beberapa buah memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang tinggi yang baik untuk kesehatan  dan pencernaan, apalagi jika disajikan dalam bentuk jus karena sangat cocok untuk menambah berat badan. Sebab, tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisi makanan apabila sudah dihaluskan. Untuk mengoptimalkan program menambah berat badan cobalah hindari mengonsumsi minuman rendah gizi seperti kopi, soda, alkohol, dan minuman ringan lainnya.

3. Menambah Porsi Kalori Bagi Tubuh
Lemak berbeda dengan kalori, meski banyak yang menganggapnya sama. Kalori termasuk sumber energi terbaik untuk tubuh. Sehingga kebutuhan kalori setiap orang berbeda-berbeda tergantung banyaknya energi yang mereka keluarkan. Menambah asupan kalori setiap harinya sangat penting untuk menaikan berat badan dengan cepat. Namun, asupan kalori yang terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh.

4. Rajin Berolahraga
Olahraga dianggap sebagai aktivitas fisik yang cukup ideal untuk menurunkan berat badan. Padahal, olahraga rutin sebetulnya bisa juga kita gunakan untuk menaikan berat badan dengan cepat. Olahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga tubuh akan mendapatkan asupan kalori yang lebih banyak. Jadi berbanyak-banyaklah berolahraga :)


5. Hindari Rokok dan  Begadang
Begadang menjadi salah satu hambatan ketika ingin menaikan berat. Begadang dapat berpengaruh buruk kondisi kesehatan kamu. Bahkan, orang yang sering begadang lebih beresiko mengalami penyakit kanker dan tumor mematikan, apalagi begadang sambil merokok. Rokok mengandung beragam senyawa kimia beracun yang dapat menyebabkan kanker, impotensi, dan gangguan janin dalam kandungan. Telah banyak kasus kematian akibat merokok. Jadi jauhilah aktifitas ini jika ingin menaikan berat badan secara alami, mudah dan sehat.

6. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Banyak kasus mengatakan hampir 70 % lebih orang yang bertubuh kurus mengalami kekurangan cairan tubuh. Padahal lebih dari 75% tubuh mengandung cairan. Air sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi organ, termasuk salah satunya lambung dan usus dalam menyerap nutrisi dan juga banyak pakar kesehatan mengatakan kalau mengonsumsi air putih terbaik harus minimal 8 gelas atau 2 liter sehari. 

7. Kunyah Makanan Sehalus Mungkin
Ternyata banyaknya kunyahan mempengaruhi penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh. Nabi Muhammad SAW  menyarankan untuk mengunyah makanan setidaknya lebih dari 26 kali dan benar ternyata makanan yang lebih halus akan mudah diserap nutrisinya oleh tubuh.


Itu dia beberapa cara menambah berat badan secara alami, mudah dan sehat yang dapat Cara Sehat Mama bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Load disqus comments

0 komentar